Jully Bunnara

Salah Satu Direksi Nara Park

Hidup Bermanfaat Bagi Sesama

           Bagi sebagian besar orang, kesuksesan menjadi salah satu fokus utama. Namun mencapai kesuksesan memang bukan suatu hal yang mudah. Tapi bukan pula suatu hal yang mustahil dicapai dengan kerja keras. Namun kesuksesan terbesar bisa jadi berupa hidup yang bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Karena dengan memiliki hidup yang bermanfaat untuk orang lain akan menambah indah dan manisnya kesuksesan. Karena pada dasarnya, kesuksesasan itu tidak hanya berupa materi saja, tetapi bisa juga berupa nonmateri. Hal inilah yang menjadi prinsip hidup  Jully Bunnara.

          Bagi Juli panggilan akrabnya, kesuksesan yang diraihnya akan menjadi semakin istimewa jika bisa dirasakan oleh orang lain. “Saya bahagia ketika hidup dan kesuksesan saya bermanfaat bagi banyak orang. Dengan demikian saya merasa menjadi orang yang berharga, punya value untuk diri sendiri,” jelasnya.

          Kesuksesan yang diraih wanita cantik kelahiran Bandung 15 Juli ini, memang tidak mudah. Ia terbiasa hidup mandiri dan tidak pernah ketergantungan pada orang lain. “Pasti mendapatkan materi walaupun belum target saya. Namun ada kepuasan tersendiri ketika saya bisa membeli barang dengan uang sendiri,” ungkapnya.

         Salah satu Direksi di Nara Park ini, kini mulai merambah ke bisnis lain, yaitu fashion. Bisnis fashion dipilihnya, karena sejak kecil dirinya menyukai hal-hal berbau fashion. “Usaha ini masih dalam penjajakan. Tapi saya akui kalau fashion ini benar-benar passion saya sejak kecil. Saya dari dulu menyukai modeling dan sesuatu yang berhubungan dengan fashion,” tutur isteri dari S. Jusuf tersebut.

         Selain karena passion sejak kecil, Juli juga mengakui bahwa dunia fashion dipilihnya karena ia kembali ingin membawa manfaat bagi orang lain. “Saya ingin menjawab kebutuhan masyarakat akan busana. Jadi, saya ingin menyediakan barang ready to wear tetapi long lasting. Selain itu, good value for money dan dengan design yang istimewa. Saya yakin bahwa produk saya tidak kalah dengan brand lain yang sudah ada,” imbuhnya.

Manfaatkan Peluang Kecil di Tahun 2020

         Tidak mudah untuk memulai bisnis fashion. Selain karena banyaknya brand lain yang sudah dulu mapan, perkembangan dunia fashion juga cenderung cepat. Namun Juli tidak patah semangat, bahkan ia merasa tertantang. “Tujuan saya di bisnis fashion pasti untuk semakin berkembang. Saya akui persaingan memang begitu ketat. Tapi saya mencoba untuk tidak menyerah. Saya yakin saya akan ada celah kecil dalam persaingan bisnis dan peluang untuk sukses,” ujar Juli yakin dan optimis.

         Menyambut tahun 2020, Juli memaparkan bahwa masih ada target yang masih belum terealisasi. “Ada target saya yang belum tercapai, yaitu membuka Nara Park di kota lain. Jadi, saya terus bekerja keras dan mempercepat ritme kerja. Karena bagaimana pun jaman cepat berganti sehingga mau tidak mau kita harus belajar menyesuaikan diri. Selain itu, smart working atau bekerja dengan pintar saya terapkan pada semua staff sehingga target pasti akan tercapai,” tegasnya. Demi memenuhi setiap targetnya, salah satu yang dilakukan Juli adalah mencari dan mempekerjakan orang yang kompeten. “Saya selalu melibatkan orang-orang yang lebih capable dalam bidangnya. Saya tidak akan asal dalam memilih orang yang akan bekerja sehingga tidak merusak sistem dan ritme kerja saya,” ujar Ibu dari Erick Jusuf, Janice Jusuf, Beatrice Jusuf ini.

        Tidak lupa, Juli memberikan sedikit tips dalam berbisnis. “Usahakan untuk menjajaki pasar, saingan, dan produk yang paling diminati. Kemudian, jangan takut mencoba di tengah resesi dan jangan takut melangkah untuk sesuatu yang baru. Hal terakhir adalah jangan takut gagal ketika ada kesulitan. Dari ketiga hal tersebut, kita akan dapat pelajaran dan pengalaman bagaimana cara mencapai tujuan. Insha Allah jika diiringi doa, kita mampu bertahan dan usaha kita semakin berkembang,” pesannya.

          Hal lain yang diingatkan oleh Juli adalah bahwa dalam bisnis apapun, perlu personal branding. “Karena personal branding akan menunjang keberhasilan bisnis tersebut. Maka, kita perlu menjaga integrity dan character walaupun kita bukan manusia yang sempurna,” ingat Juli.

You might like

About the Author: Beinspiration