Sasa Oktaviana

Owner Savia Salon Spa & Sarisa Resto

Hobi Bisa Menjadi Peluang Bisnis

          Salon tak hanya menjadi tempat mempercantik diri bagi sebagian orang, namun bisa juga  dijadikan sebagai sebuah lahan bisnis. Industri salon bahkan memiliki potensi bisnis yang besar. Hal ini kemudian di sadari oleh Sasa Oktaviana, Pemilik Savia Salon Spa & Sarisa Resto Solo.

           Berawal dari hobi ke salon untuk melakukan perawatan, mulai dari perawatan rambut, wajah hingga perawatan kuku, akhirnya Savia, nama akrabnya, membuka usaha salon kecantikan yang juga menerima jasa potong rambut, perawatan rambut, mewarnai, perawatan kecantikan seperti facial hingga manikur dan pedikur. Selain salon dan tempat spa, Savia juga memiliki resto di Solo dengan konsep resto untuk tempat hangout anak-anak muda Solo.

          “Awalnya hobi jalan-jalan dan setiap mau jalan, saya harus rapi. Jadi saya pasti akan pergi ke salon. Saya bahkan bisa hampir lima kali ke salon dalam sehari. Tujuannya tentu agar bisa terlihat rapi di setiap acara berbeda. Lama-lama, saya berpikir. Dalam sehari bisa menghabiskan uang banyak hanya untuk ke salon. Nah, kenapa tidak coba buka sendiri saja,” kenang Savia.

          Pemikiran untuk mulai berbisnis salon tersebut diakui Savia sekitar tahun 2010. “Akhirnya saya mulai membuka salon sendiri. Tidak saya sangka, salon saya banyak peminat hingga akhirnya saya mulai serius menekuni bisnis ini dan belajar kursus setelah buka salon,” ungkapnya.

            Wanita kelahiran Jakarta, 18 Oktober ini, juga mengakui bahwa ia bisa dibilang terlambat ketika mulai kursus kecantikan. “Tapi saya juga mau bisa melakukan kegiatan di salon ini dengan kemampuan sendiri. Maka saya lalu mendirikan SAVIA Salon dan sampai hari ini masih eksis. Tempatnya masih di Mediterania Boulevard Kemayoran, Jakarta Pusat,” ujarnya.

            Dunia salon atau kecantikan memiliki daya tarik dan keistimewaan bagi Savia. “Keistimewaannya saya bisa membuat atau mengubah penampilan seseorang menjadi lebih cantik dan menarik setiap hari. Saya bangga bisa mendirikan sebuah salon. Tempat di mana kaum hawa dapat merawat diri, mempercantik diri dan berdandan. Savia Salon adalah tempat untuk membuat para wanita yang datang menjadi lebih cantik dan percaya diri,” tuturnya.

Bekerja Keras & Terus Berkarya

           Pengalaman dan perjalanan karirnya di dunia salon membuat Savia panggilan akrabnya yakin bahwa kesuksesan menjadi milik siapa pun yang yang bekerja keras dan mau belajar. “Kunci kesuksesan saya adalah keyakinan pada diri sendiri, saat semua orang tidak percaya dengan kemampuan saya. Dan saya bisa membuktikan bahwa saya memiliki kemampuan dan kemauan yang kuat hingga bisa seperti sekarang. Kita harus memiliki satu keyakinan yang kuat. Jangan lupa untuk meminta restu kedua orang tua saya sebagai doa terkuat,” tuturnya.

            Maka, Savia pun menekankan akan pentingnya mengambil kesempatan dan resiko. Zaman sudah berubah dan wanita Indonesia diberikan kebebasan serta kemerdekaan untuk menentukan nasibnya. “Setiap perempuan harus memiliki kemerdekaan dalam berkarya. Kita sebagai perempuan harus bisa yakin bahwa kita mampu. Kita harus mengambil kesempatan menjadi orang yang hebat dengan apa yang kita bisa lakukan dan bisa berguna bagi sesama,” tegasnya.

            Selain dari keyakinan dan pintar memanfaatkan kesempatan, Savia juga terinspirasi dari sosok Anne Avantie. “Tokoh yang saya kagumi dan menjadi inspirasi adalah Anne Avantie. Sosok beliau begitu hebat, karena berasal dari latar belakang kehidupan yang kemudian menjadikan beliau wanita yang kuat dan bisa menghasilkan karya yang mengagumkan sampai saat ini,” ungkap Savia yang gemar traveling dan berdandan ini.

Makeup & hairdo by Kenshie Lie

You might like

About the Author: Beinspiration