dr. Ratna Juwita

Owner Skincare Azahra

Berani mengambil risiko

            Semakin banyak orang menyadari pentingnya bekerja sesuai dengan passion. Passion merupakan sesuatu yang akan membuat seseorang bekerja sepenuh hati sehingga akan dilakukan dengan bahagia, dan tanpa mengeluh. Hal inilah yang dilakukan oleh dr. Ratna Juwita saat bekerja, berbisnis hingga membuahkan kesuksesan.

           Sebagai lulusan Fakultas Kedokteran, dr. Ratna kemudian mendalami ilmu estetika. “Passion saya memang di dunia kecantikan. Dari awal, saya bercita-cita menjadi seorang dokter kecantikan dan ingin sekali membuka klinik. Tujuannya untuk mengenalkan pentingnya perawatan kecantikan di masyarakat. Jadi saya memutuskan untuk membuka klinik di daerah tempat tinggal saya, yaitu di Cikampek. Alhamdulilah respons dari masyarakat sangat baik. Awalnya memang perlu perjuangan untuk membuat masyarakat percaya dengan hasil kerja saya. Kini mereka sudah semakin sadar tentang betapa pentingnya perawatan,” ungkap Owner dari Skincare Azahra ini.

           Dokter kecantikan kelahiran Karawang, 02 Februari ini menyadari bahwa banyak klinik kecantikan dengan fasilitas dan pelayanan berkualitas. Oleh karena itu, ia berusaha menjadikan klinik kecantikannya berbeda dan istimewa. “Saya selalu berusaha ramah terhadap klien saya. Bukan hanya menjaga hubungan antara klien dan klinik, tapi juga pribadi saya dengan pasien. Hubungan silaturahmi selalu saya lakukan, mereka yang awalnya hanya klien sekarang menjadi teman dekat,” tuturnya.

Kunci Sukses

         Tidak akan ada kesuksesan yang diraih tanpa kerja keras. Hal ini selalu ditanamkan dalam pikiran dr. Rata. “Kerja keras, disiplin dan pantang menyerah. Itulah kunci sukses saya. Kita harus selalu yakin setiap usaha yang kita lakukan tidak akan pernah mengkhianati hasil. Mencintai apapun perkerjaan yang kita lakukan menjadi dasar dalam prinsip hidup saya,” tegasnya.

            Untuk tokoh yang menginspirasi, dr. Ratna mengaku menghormati perjuangan hidup Ibu Mooryati Soedibyo. “Beliau adalah pendiri dan pemilik Mustika Ratu. Beliau menginspirasi saya dalam berkarier. Salah satunya dalam hal mempercantik wanita Indonesia dengan berbagai produk kosmetik lokal yang sesuai jenis kulit wanita Indonesia. Kontribusi saya dalam bidang usaha kecantikan memang masih dalam skala daerah. Namun saya terus berusaha membangun jejaring usaha menggunakan produk kecantikan asli dalam negeri. Mudah-mudahan usaha ini terus berkembang dan sukses seperti Beliau,” harapnya.

            Salah satu keinginan atau target dalam hidup dr. Ratna adalah untuk mengembangkan klinik kecantikannya. “Target karier saya ingin melebarkan sayap, dengan membuka cabang lagi khususnya di Jawa Barat agar bisa lebih dekat dengan klien saya. Satu lagi impian terbesar saya adalah membuka cabang Skincare Azahra di Jakarta. Insya Allah,” harap istri dari dr. Suseno Hartono ini.

           dr. Ratna mengakui bahwa zaman sudah berubah dan semakin berkembang. Perkembangan zaman ini membuat para wanita bisa meraih kesempatan yang sama dengan kaum pria di berbagai bidang kehidupan. “Dulu wanita selalu dipandang lemah, mudah menyerah, dan tidak akan bisa sukses melebihi pria. Namun, sekarang wanita mampu berjuang keras dan mewujudkan impiannya, bahkan berhasil menciptakan perubahan positif di berbagai sektor hingga mendapat pengakuan dunia.  Kini, wanita memiliki hak mencapai sukses yang setara dengan pria. Kuncinya adalah bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya, menggeluti profesi yang diimpikan dan menciptakan kesuksesan. Emansipasi wanita membuat wanita berhak menjalani pilihan hidupnya, menjadikan wanita berani mewujudkan impian dan kesuksesan tanpa batas,” terang dr. Ratna.

            Maka, dokter yang hobi yang hobi traveling, shopping dan kuliner ini pun berusaha untuk bisa menginspirasi para wanita Indonesia lainnya. “Sukses adalah hak setiap manusia, dan menjadi wanita sukses dan menginspirasi itu hal yang mungkin Anda lakukan asalkan ada kemauan dan usaha. Yang terpenting bukanlah pendapat orang lain, tapi bagaimana Anda menilai diri Anda sendiri. Saat Anda berpikir bahwa Anda bisa dan mampu melakukan apa saja, semuanya menjadi mungkin untuk diwujudkan,” ingatnya.

             Ia pun memberikan tips bagaimana memaksimalkan potensi wanita untuk bisa meraih kesuksesan. “Kesungguhan dalam bekerja adalah kunci dari sebuah kesuksesan. Lakukan hal yang Anda yakini benar dan maksimalkan kemampuan dan potensi Anda miliki untuk apapun bidang yang sedang Anda jalankan. Berani mengambil risiko adalah tindakan yang penting dalam mengawali kesuksesan karier. Apabila selalu berada di zona nyaman tidak akan membawa Anda kemajuan. Perbanyak pengalaman, tidak berhenti belajar, selalu mencoba dan melakukan yang terbaik,” tegasnya lagi.

            Namun, kesibukan bekerja dan menjadi seorang wanita karier tidak membuat sosok dr. Ratna melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. “Saya tetap memberikan perhatian kepada suami dan anak-anak. Selain memberikan Pendidikan, baik berupa sopan santun, akhlak mulia, keagamaan, maupun ilmu akademis, saya juga harus mampu menjadi tempat curhat bagi anak dan membangun komunikasi yang demokratis untuk pondasi,” ungkap ibu dari Rayyandra Alzeinatra Suseno ini.

You might like

About the Author: Beinspiration