dr. Olivia Julita, M.Biomed (AAM)

Owner (Direktur) Limonia Beauty Center

Berkarir Tanpa Melupakan Kodrat Sebagai Perempuan

            Seiring perkembangan zaman dan era globalisasi, maka peran dan kontribusi perempuan Indonesia tidak bisa lagi dipungkiri. Perempuan Indonesia kini mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan sehingga tidak heran jika perempuan Indonesia kini memiliki banyak peran dan posisi strategis di berbagai aspek kehidupan. Hal ini membuktikan bahwa perempuan jika diberi peluang dan kesempatan dapat meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri. Hal tersebut diungkapkan dr. Olivia Julita, M.Biomed (AAM).

            Setiap manusia memiliki potensi diri yang telah dikaruniai oleh Tuhan, tidak terkecuali juga dengan perempuan. “Baik sebagai istri atau ibu rumah tangga, semestinya tidak menutup potensi dirinya yang harus terus digali dan dikembangkan. Perempuan hebat tidak hanya memiliki karir saja, bahkan ibu rumah tangga pun bisa. Perempuan potensial juga harus bisa menjadi panutan atau sosok yang bisa menginspirasi orang lain, baik laki-laki maupun perempuan. Tuhan telah menciptakan mereka untuk memberikan manfaat yang luar biasa bagi keluarga, lingkungan bahkan bangsa dan negara. Apa yang kita harus dimiliki? Kecerdasan? Ataukah harta yang melimpah, atau justru pendidikan tinggi? Yang wajib kita miliki adalah daya juang dan semangat yang tidak pernah putus untuk membagikan hal-hal positif yang kita miliki. Keyakinan untuk menjadi yang terbaik di bidangnya, dan memberikan segala yang terbaik serta hati yang selalu dipenuhi dengan cinta kasih,” jelasnya.

Edukasi Masyarakat mengenai Produk Berbahaya

           Sebagai dokter estetika dan anti-aging, dr. Olivia mengingatkan akan adanya kodrat alami yang akan dialami setiap manusia, yaitu proses penuaan. Meski proses ini tidak bisa dihindari, namun penuaan sesungguhnya dapat ditunda. “Menjadi tua adalah hal yang tak bisa kita hindari. Tapi, menua sebelum waktunya bisa saja terjadi pada kita karena kebiasaan buruk yang tak kita sadari. Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang membuat kita menua sebelum waktunya. Hal semacam ini seringkali berdampak berat pada fisik, membuat kia tampak lebih tua dari usia kita yang sesungguhnya,” ingat isteri dari Dwipermana Putra Andhikatirwandha ini.

           Sesungguhnya proses penuaan terjadi pada seluruh organ tubuh, salah satunya adalah bagian kulit kita. “Kulit merupakan area yang luas dan paling luar dari tubuh kita sehingga kulit menjadi indikator tanda penuaan yang paling mudah dilihat, misalnya kulit kering, keriput, flek (hiperpigmentasi), dan lainnya. Penyebab penuaan dini, ditentukan faktor dari luar dan dalam. Faktor dari luar, yaitu polusi udara, asap rokok, radiasi sinar ultraviolet, kosmetik berbahaya, dan obat-obatan tertentu. Sedangkan faktor dari dalam, antara lain faktor genetik, hormonal, stress, pola makan yang tidak baik, dan pola tidur yang kurang,” imbuh Ibu dari Renviggo Odinson Langi.

            Tidak dapat dipungkiri semua perempuan ingin berpenampilan lebih cantik dan menarik. “Tapi jangan sampai keinginan tersebut membuat wanita terjebak dalam kemelut efek samping jangka panjang akibat menggunakan produk yang mengandung bahan berbahaya. Produk dengan bahan berbahaya dapat mengakibatkan efek samping yang buruk pada pemakainya dan janin yang di kandung bila digunakan pada saat kehamilan,” ingat Owner (Direktur) Limonia Beauty Center tersebut.

           Sayangnya, masih banyak perempuan Indonesia yang menganggap bahwa kulit putih adalah simbol kecantikan sehingga banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kulit putih. Hal ini pun dimanfaatkan produsen kosmetik untuk menjual krim pemutih wajah dengan kandungan bahan berbahaya, seperti merkuri. Padahal merkuri tidak boleh dipakaikan pada manusia, baik di tubuh bagian luar, apalagi dikonsumsi. “Fenomena pemutih kulit di Indonesia merupakan sebagian kecil dari industri besar miliaran rupiah yang mendesak perempuan untuk menanggapi godaan memiliki kulit putih. Di Indonesia, kulit putih digembar-gemborkan sebagai pendorong kesuksesan, indikator status sosial, kekuasaan, kekayaan, dan kecantikan. Saya selalu mengarahkan pasien saya untuk menggunakan produk yang aman untuk jangka panjang, bukan yang instan tapi berbahaya. Meskipun sulit, saya tetap konsisten untuk memerangi produk-produk kosmetik berbahaya. Cantik tidak harus putih, putih belum tentu cantik. Yang penting adalah kulit dan tubuh yang sehat. Buat apa putih kalau tidak sehat. Itu yang selalu saya katakan ke pasien-pasien saya,” pesan Dokter Estetika dan Anti Aging lulusan S2 Pasca Sarjana Biomedik kekhususan Anti Aging Medicine di Universitas Udayana, Bali ini.

           Untuk itu, melalui bidang keahliannya dalam dunia estetika, dr. Olivia ingin membagikan ilmu yang dimiliki untuk melindungi perempuan Indonesia dan generasi penerus bangsa agar terhindar dari efek samping penggunaan produk-produk berbahaya. “Saya konsisten untuk terus mengedukasi pasien saya, baik perempuan ataupun laki-laki, remaja ataupun dewasa untuk selalu menggunakan produk yang aman. Apabila semua perempuan Indonesia sadar akan akibat buruk penggunaan bahan berbahaya tersebut dan menghentikannya, maka saya percaya tidak ada produsen dari produk kosmetik berbahaya lagi ke depannya,” tegasnya.

BOX

Tips menjaga kesehatan kulit agar tetap awet muda

1. Jaga Pola makan sehat

     a. Kurangi mengkonsumsi gula, baik dalam makanan ataupun minuman

     b. Hindari junk food, utamakan makanan yang segar

     c. Hindari makanan dan minuman kemasan, karena mengandung bahan pengawet

     d. Jangan lupa mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari

2. Pola tidur yang baik dan berkualitas, sebaiknya mulai tidur pada pukul 21.00, dengan durasi 7-8 jam/hari.

3. Konsumsi air putih, 2-3 liter perhari.

4. Gunakan tabir surya, diantara pukul 09.00-16.00. Terutama pada saat beraktivitas diluar ruangan.

5. Hindari stress

6. Olah raga teratur dan konsisten, maksimal 5 jam per minggu. Hati-hari olahraga berlebih pun akan mengakibatkan penuaan dini, akibat akumulasi radikal bebas yang dihasilkan.

7. Membersihkan kulit setelah beraktivitas seharian, untuk membersihkan debu, bahan kimia dan kotoran yang menempel dikulit wajah.

8. Gunakan produk perawatan kulit yang aman dan sesuai dengan jenis kulit.

You might like

About the Author: Beinspiration