Indah Riyanti Brown

Director Metpro DMCC

Rayakan Ramadhan & Idul Fitri di Dubai

          Pada bulan Ramadhan, Allah SWT telah mewajibkan kepada seluruh orang yang beriman untuk melaksanakan ibadah shaum atau berpuasa dengan tujuan agar menjadi orang-orang yang bertakwa. Hal tersebut disadari oleh Indah Riyanti Brown selaku Director Metpro DMCC.

           Ramadhan dijadikan bulan untuk beribadah untuk mencari ridho Allah SWT. “Ramadhan adalah sebuah bulan yang berlimpah dan mulia yang dapat membuat seorang Muslim, yang menghargai dan menghabiskan waktu dengan ibadah, memperoleh pahala sebanyak pahala ibadah 80 tahun. Ramadhan banyak memiliki makna dan terjadinya peristiwa penting bagi umat Muslim. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kesabaran, bulan turunnya Alquran, dan pengampunan dosa serta mengajarkan kita untuk bersikap dermawan,” jelas Indah.

          Wanita kelahiran 29 September ini menyadari bahwa Ramadhan di luar Indonesia sangat berbeda. Kali ini Indah menikmati bulan Ramadhan di Dubai. “Ramadhan di Dubai merupakan acara yang sangat priviledge atau istimewa bagi orang Islam. Karena restoran tutup sampai waktu berbuka puasa. Memang ada beberapa yang buka, karena lokasi di hotel atau restoran tersebut membayar pajak lebih mahal dari bulan selain bulan Ramadhan. Tapi yang paling penting adalah bagi tidak berpuasa wajib menghormati yang berpuasa. Mereka tidak boleh makan, minum, merokok atau berenang ditempat umum. Yang melanggar akan dikenakan denda atau bahkan masuk penjara,” jelas Indah.

           Tidak hanya restoran, namun sekolah dan pemerintah juga selesai lebih awal untuk mengantisipasi macet sebelum buka puasa. “Dan di jalan di setiap lampu merah, masyarakat lokal memberikan takjil gratis kepada pengendara mobil atau motor untuk memudahkan mereka berbuka puasa di jalan. Malamnya di setiap hotel dan restoran, menyediakan buffet makanan lokal untuk berbuka puasa. Semua orang terlihat cerah dan bahagia. Restoran dan toko akan tetap buka sampai jam 3 pagi,” ungkapnya.

        Bagi warga Indonesia yang berada di Dubai, bisa berbuka puasa dan taraweh bersama setiap hari Jumat di Konsulat Jenderal Dubai. “Di sini kita bisa silahturahmi dan bersama-sama mendengarkan ceramah dalam bahasa Indonesia,” imbuhnya.

      Sekian itu, ada banyak ibadah Ramadhan yang biasa dilakukan Indah. “Selepas sahur, saya dan keluarga usahakan mengaji bersama berusaha khatam di akhir Ramadhan nanti. Kemudian selain Zakat, saya dan beberapa teman juga mengumpulkan dana untuk membantu para TKW yang sedang bermasalah dan ditampung di KJRI dengan menyediakan mukena, buka bersama atau membelikan tiket pulang jika mereka tidak mampu,” ungkapnya.

          Perayaan Idul Fitri juga berlangsung spektakular. “Untuk Idul Fitri di Dubai, perayaannya sangat spektakuler. Burj Khalifa gedung tertinggi di Dubai berubah-ubah warnanya tiap detik, karena sinar laser untuk memberi ucapan kepada masyarakat yang merayakan Idul Fitri. Mall dan hotel pun merayakan dengan mendekor nuansa Idul Fitri yang cantik dan mempesona. Bahkan diskon dimana-mana. Semua penduduk dan pendatang biasanya pergi ke mall dan taman untuk merayakan Hari Kemenangan,” tutur isteri dari Lance Brown ini.

          Salah satu tradisi merayakan Idul Fitri di luar negeri adalah bersama-sama dengan siapapun dari Indonesia yang merayakannya. “Tradisi lebaran di Dubai adalah dengan sholat di Konjen, bermaaf-maafan dan silahturahmi dengan semua warga Indonesia di Dubai. Setelah itu makan ketupat dan opor ayam seperti di Indonesia. Malamnya kita makan menu favorit di rumah dengan masakan Inggris kesukaan anak-anak, yaitu Roast Beef dengan roast vegetable dan yorkshire puding,” ujar Indah.   

           Adapun harapan di Ramadhan dan Hari Idul Fitri untuk Indah adalah doa untuk Indonesia yang lebih damai. “Saya harapkan di Idul Fitri 2019, Indonesia menjadi negara yang adil dan makmur, mempunyai pemimpin yang peduli dengan rakyat dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Dan Indonesia menjadi bersatu kembali,” harapnya. 

Percaya Diri & Terus Belajar

          Selain menjalankan steel trading, Indah dan teman-teman mendirikan yayasan Humanisti yang menyediakan pendidikan TK gratis untuk anak dhuafa atau low income parent di daerah Pondok Pucung, Tangerang. Setelah lulus TK, lalu disalurkan ke 5 TK sekitarnya dengan mencarikan orang tua asuh yang akan menanggung pengeluaran sebesar Rp. 1,5juta setahun untuk buku, seragam, dan sepatu. “Kita juga menyediakan bimbel gratis untuk anak umur 7-15 tahun sore harinya. Bimbel ini memberikan tambahan pelajaran, seperti matematika, bahasa inggris, komputer, seni, Ipa, dan bahasa Indonesia. Alhamdulillah sudah berjalan kurang lebih 7 tahun dan total anak yang pernah dan lagi belajar mencapai kurang lebih 400 anak,” ungkap Ibu dari George Brown dan Jack Brown tersebut.

       Melalui Kerja keras dan apa adanya sebagai kunci sukses Indah menjadi wanita karir, Indah pun ingin menginspirasi para wanita Indonesia. “Saya ingin wanita Indonesia semakin percaya diri dan terus belajar meningkatkan kemampuan dalam segi apapun yang disukai. Tapi sesibuk apapun, tetap harus memperhatikan pendidikan anak,  baik itu sekolah maupun kegiatan di luar sekolah. Anak-anak harus punya aktivitas berupa olah raga atau seni di luar akademisnya. Biar mereka seimbang,” tegas Director Metpro DMCC tersebut.

You might like

About the Author: Beinspiration