Nina Puspa Dewi Setyadi, BMIB

Direktur PT. Luvie Nusamba

Jangan Pernah Berputus Asa & Menyerah Pada Keadaan

            Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh para umat Muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali Indonesia. Bulan penuh barokah, bulan dengan penuh kegiatan ibadah dan kebaikan hingga di hari kemenangan, yaitu Idul Fitri. Ramadhan pun sangat dinantikan oleh sosok Nina Puspa Dewi Setyadi, selaku Direktur Produk Kosmetik & Skincare Meidah Cosmetoceutical.

            “Ramadhan merupakan bulan penuh barokah dan karomah dari Allah SWT. kita dapat mengisi kegiatan yang sifatnya pribadi, bekal untuk kebaikan sendiri dan lingkungan. Di bulan ini, umat Muslim memperbanyak ibadah, berlomba-lomba dalam kebaikan. Kebaikan sifatnya luas, bisa dengan memberikan sedekah air kepada orang yang sedang berpuasa untuk berbuka. Apalagi bila dilakukan dalam jumlah rezeki dengan sedekah yang lebih luas. Hal ini seperti Firman Allah dalam Al Quran Surah al-Baqarah ayat 195. “Dan berinfaklah kamu (bersedekah) di jalan Allah dan janganlah kamu mencampakkan diri kamu ke dalam kebinasaan (tidak bersedekah), dan berbuat baiklah karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berbuat baik”,” jelas Nina.

            Wanita kelahiran Jakarta, 08 Oktober ini pun merasa bahwa Ramadhan tidak hanya sekedar menjalankan Ibadah. Ada makna lain di bulan seribu bulan tersebut. “Saya memaknai bulan Ramadhan selama 30 hari, menahan diri dari dahaga dan lapar dari subuh sampai matahari terbenam, sebagai bulan yang dapat meningkatkan kualitas diri, keimanan yang dapat dilalui dengan ikhlas dan khidmat (nikmat tersendiri dalam berpuasa). Sampai di puncak kemenangan Idul Fitri. Selayaknya dalam hari kemenangan disajikan berbagai macam banyak limpahan rezeki dari Allah SWT dan wajib kita nikmati dan syukuri,” ungkapnya

            Di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, ada menu kesukaan Nina. “Saya menyajikan minuman segar dan makanan ringan untuk pembuka. Untuk minuman saya suka es kelapa, cemilan berupa lontong atau arem-arem isi oncom yang menjadi favorit keluarga kecil. Untuk hidangan sajian Idul Fitri sudah pasti ketupat, dengan sayur labu, dan lauk ayam goreng dan sambel goreng ati. Sudah pas semua terulang dari tahun ke tahun dengan cita rasa dan perasaan disajikan dengan rasa syukur dan cinta penyajian yang sama. Alhamdulillah,” ungkap Nina penuh syukur.

             Ada tradisi di hari Idul Fitri yang biasanya dilakukan oleh Nina dan keluarga. “Kami biasanya berkumpul bersama di rumah orang tua, bisa di keluarga suami atau di keluarga saya. Kami merayakan hari Idul Fitri bersama, saling bermaafan, bergembira, hari penuh berkah, makan, minum selayaknya kumpul keluarga pada umumnya. Adapun mudik biasanya kami mengatur keberangkatan dari jauh hari, karena suami saya asli Yogyakarta dan keluarga besarnya di sana. Jadi terkadang beberapa tahun kami mudik,” terangnya.

Produk Halal

            Selesai kuliah International Bisnis di Auckland, New Zealand, Nina belajar bisnis fashion, cake dan bakery. Nina bahkan pernah bekerja di perusahaan Texmaco, Jakarta. Nina kemudian menikah di usia 25 tahun. “Setelah menikah, saya mulai merambah bisnis yang sifatnya penjualan dengan system by order. Meski menjadi ibu rumah tangga, saya tetap berusaha untuk terus berkarir, baik di bidang kecantikan sebagai makeup artist atau di fashion. Akhirnya saya tertarik untuk menciptakan produk bukan hanya tuntutan tetapi juga kebutuhan untuk para Muslimah, yaitu produk Muslimah lokal dengan harga terjangkau, halal dan teregister di badan POM. Alhamdulillah MEIDAH kemudian hadir dan kini sudah satu tahun. Nama MEIDAH berasal dari surah di Al. Qur’an, yaitu Surah Al Maidah. Produk MEIDAH kini sudah dijual hingga ke negeri tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Hongkong,” jelas isteri dari Bayu Setyadi ini.

            Selain tersertifikasi Halal, MEIDAH juga memiliki keunggulan lain. “MEIDAH sudah terdaftar di badan POM dan mampu menjaga kesehatan kulit. MEIDAH juga tidak mengandung bahan obat kimia serta tidak bersifat adiktif atau ketergantungan. Bahan alaminya sudah diuji coba dan terbukti juga mampu mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, mencegah wajah kusam atau flek serta jerawat pada wajah. MEIDAH juga meluncurkan produk kosmetik seperti lipstick, bedak, bb glow, eyeshadow, dan blush on,” terang Direktur Marketing PT. Luvie Nusamba ini.

            Salah satu tujuan Nina adalah berusaha memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan pangsa pasar di Indonesia, yaitu produk aman, berkualitas, dan harga terjangkau. “Saya yakin jika konsumen sudah mencoba dan merasakan manfaat MEIDAH pastinya akan suka. Jadi, saya tidak pernah ragu untuk melakukan improvisasi produk pastinya. Keep Up The Good Quality and It Works!,” tegasnya.

Dukungan Keluarga

             Bagi Nina, wanita karir saat ini sudah bisa beradaptasi dengan perubahan jaman. “Perempuan modern sudah cukup pandai, pintar, dan energik dalam segala hal. Mereka mau berbisnis, mulai dari bisnis kecil hingga skala besar. Dan saya bersyukur saya bisa menjadi entrepreneur berkat dorongan dari suami dan keluarga,” ujar ibu dari Arfa, Alifatya, dan Aira ini.

             Nina mengakui bahwa dukungan keluarga menjadi dorongan agar semakin maju. “Saya semakin berkomitmen dan bersungguh-sungguh bahwa jatuh bangun dalam bisnis itu merupakan hal yang biasa. Selain doa, kunci sukses saya ada pada konsistensi, kemauan, hindari rasa cemas, malas, putus asa. Ingat bahwa Allah tidak akan pernah membebani seseorang di luar batas kemampuannya. Jadi, jangan pernah sekalipun terlintas di benak kita untuk berputus asa dan menyerah pada keadaan. Terus semangat,” pesannya.

             Selain bisnis, Nina juga ikut serta dalam berbagai organisasi organisasi. “Organisasi dapat menambah pergaulan saya dan bersosialisasi. Ada banyak kegiatan yang saya ikuti, mulai dari organisasi politik, kesehatan, profesi maupun keagamaan. Dari organisasi tersebut saya berkawan baik dengan para wanita sukses dan hebat, mulai dari kalangan artis maupun istri pejabat. Kami mempunyai visi misi yang sama, yaitu ingin tampil memajukan bangsa dan bermanfaat bagi bangsa. Adapun dengan berorganisasi juga menjadi ajang network bisnis untuk sinergi kerja sama dan saling support sesama pebisnis,” tutur Nina yang meraih Penghargaan Dari Gubernur DKI Jakarta Program Oke Oce UMKM.

You might like

About the Author: Beinspiration