Niat Bersih & Siap Berkorban Untuk Kepentingan Rakyat

Hj. R. Monica Armi Soraya

Caleg DPR RI Partai Gerindra Dapil Jakarta 3.

Sejarah perjuangan kaum wanita Indonesia mencatat nama-nama pahlawan wanita yang turut andil dalam aktivitas politik, mulai dari Cut Nyak Dien, Martha Tiahahu hingga RA Kartini dan Dewi Sartika. Kini, semakin banyak wanita yang ikut meramaikan dunia politik demi memperjuangkan inspirasi rakyat. Salah satunya adalah Hj. R. Monica Armi Soraya, yaitu Caleg DPR RI Partai Gerindra Dapil Jakarta 3

Kondisi negara yang dinilai memprihatinkan membuat Hj. Monica tidak bisa lagi berpangku tangan. “Kondisi negara kita yang memprihatinkan dengan kemiskinan dan ketidakadilan menjadi faktor utamanya. Sejak lima tahun yang lalu saya sudah turun dan blusukan ke berbagai kampung. Di sana saya melihat kondisi mereka yang sangat memprihatinkan. Berawal dari kondisi tersebut saya terketuk untuk membantu memberantas kemiskinan dan ketidakadilan di Indonesia,” ungkapnya.

Banyak yang masih menganggap tabu mengenai karir wanita di dunia politik. Namun bagi wanita kelahiran Jakarta, 3 April ini, politik itu diibaratkan seperti menonton film, karena bisa berakhir bahagia atau menyedihkan. “Itu semua tergantung dari niat awal. Karena sejak awal terjun ke dunia politik, niat kita harus bersih dan siap berkorban untuk kepentingan rakyat. Politik menurut Saya adalah sebuah kegiatan yang berorientasi kepada masyarakat dan negara. Seluruh keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan, baik kepada masyarakat maupun negara,” tegasnya.

Salah satu visi dan misi yang diemban Hj. Monica adalah mewujudkan masyarakat adil dan makmur. “Mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur serta terbebas dari kemiskinan dan ketidakadilan tanpa mengenal status sosial, suku dan agama. Saya hanya manusia biasa dan saya sudah berjanji akan mendedikasikan waktu, tenaga, dan perjuangan saya selama ini untuk kepentingan rakyat. Salah satunya adalah dengan menyerahkan 50% dari gaji saya demi kemakmuran dan mengurangi tingkat kemiskinan rakyat di Dapil saya. Untuk itu, saya mohon doa restu dan dukungannya dari seluruh masyarakat di dapil DKI Jakarta 3,” harap Hj. Monica yang mewakili Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

            Visi dan misi lain Direktur Utama PT. Insan Sinema Indonesia  ini adalah meningkatkan kemandirian usaha ekonomi kerakyatan, membantu usaha kecil dan menengah serta nelayan di pesisir laut dalam bentuk unit koperasi dan memberikan rasa aman untuk para pemeluk agama dalam beribadah. “Selain itu, saya ingin memberikan jaminan kepada anak-anak tidak mampu untuk bersekolah minimal SMA serta memberikan beasiswa ke jenjang perguruan tinggi bagi yang berprestasi. Kemudian menjadikan kota Jakarta sebagai kota bebas narkoba serta memperjuangkan dan melakukan pembelaan terhadap kaum miskin terutama kelas bawah yang tertindas,” ungkap istri dari Ir. H. Hariyanto Duryat ini.

Bagi wanita Indonesia yang ingin berkecimpung di dunia politik, Hj. Monica memiliki pesan. “Di jaman modern ini, perempuan-perempuan harus melek politik, harus berani maju dan terjun ke ranah politik. Kenapa? Karena banyak sekali hak-hak dari kaum perempuan yang harus diperjuangkan. Jika kuota perempuan sebagai wakil rakyat masih kurang, maka mustahil hak-hak kita sebagai wanita akan terpenuhi,” pesannya. 

Dengan berpolitik, wanita akan memiliki wawasan dan pergaulan luas. “Dunia politik memang ada keunikan. Kita bisa bertemu banyak orang serta bisa mendengarkan keluh kesah mereka, bahkan bisa 24 jam menerima telepon dari mereka yang berada di pelosok. Hal tersebut merupakan keunikan tersendiri bagi saya, karena tanpa saya sadari saya sekarang ini sudah menjadi bagian dari mereka. Meski waktu saya bersama keluarga menjadi berkurang,” imbuh ibu dari Rama Kalyana, ST; Hansel Batara Maharesi Hariyanto; Valerie Agripina Batari Maheswari Hariyanto; dan Xavier Aristo Bimangkara Hariyanto ini.

You might like

About the Author: Beinspiration

Leave a Reply